Celah Keamanan Kartu SIM ‘Simjacker’

Celah keamanan kartu sim disebut dengan Simjacker, celah keamanan ini berpotensi mengancam setiap ponsel cerdas yang menggunakan kartu SIM terlepas dari merek dan model ponsel.

Dilansir dari simjacker.com, peniliti AdaptiveMobile Security telah menemukan kerentanan baru dan yang sebelumnya tidak terdeteksi serta eksploitasi terkait, yang disebut Simjacker.

Simjacker dan eksploitasi terkaitnya adalah lompatan besar dalam kompleksitas dan kecanggihan dibandingkan dengan serangan yang sebelumnya terlihat melalui jaringan inti seluler.

Example of how Simjacker canĀ track mobile phone locationĀ of vulnerable subscribers

Dalam simjacker.com disebutkan, ada beberapa penyerangan yang dapat dilakukan melalui celah keamanan simjacker, diantaranya:

  • Serangan Simjacker utama melibatkan SMS yang berisi jenis kode khusus seperti spyware yang dikirim ke ponsel, yang kemudian menginstruksikan Kartu SIM di dalam ponsel untuk ‘mengambil alih’ ponsel untuk mengambil dan melakukan perintah sensitif
  • Informasi lokasi dari ribuan perangkat diperoleh dari waktu ke waktu tanpa sepengetahuan atau persetujuan dari pengguna ponsel yang ditargetkan.

Simjacker telah dieksploitasi lebih lanjut untuk melakukan banyak jenis serangan terhadap individu dan operator seluler seperti penipuan, penipuan, kebocoran informasi, penolakan layanan dan spionase.

Kerentanan Simjacker dapat meluas ke lebih dari 1 miliar pengguna ponsel di seluruh dunia, yang berpotensi berdampak pada negara-negara di Amerika, Afrika Barat, Eropa, Timur Tengah, dan bahkan wilayah di dunia di mana teknologi kartu SIM ini digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *