Belajar Pemrograman: Mengenal Pemrograman Java

Apa itu Pemrograman Java?

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer, bahasa ini banyak mengadopsi sintaks yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaks model objek yang lebih sederhana. Bahasa pemrograman Java dikembangkan pertama kali oleh Sun Microsystem (Saat ini Sun Microsystem telah diakusisi oleh Oracle Corporation) yang dimulai oleh James Gosling dan dirilis pada tahun 1995.

Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang berbasis objek , maksudnya adalah semua aspek yang terdapat pada java adalah objek sehingga sangat memudahkan untuk mendesain , membuat dan mengembangkan program java dengan cepat. Kelebihan ini membuat program java menjadi mudah untuk digunakan oleh banyak orang. Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan oleh banyak sistem operasi , seperti: Windows, Linux, Mac OS, dan lain-lain .

Kelebihan Java

Java memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya unggul dibandingkan bahasa pemrograman lain, seperti :

  1. Multiplatforms, kelebihan utama dari Java adalah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer. sesuai dengan prinsipnya (Tulis sekali, jalankan di mana saja).
  2. OOP (Object Oriented Programming), dimana program yang dibangun berorientasikan pada objek.
  3. Library yang lengkap, java terkenal dengan kelengkapan library (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.
  4. Mirip C++ memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java

Kekurangan Java

Walaupun memiliki banyak kelebihan pasti ada saja yang menjadi kekurangan pada suatu pemrograman java, seperti:

  1. Mudah didekompilasi, dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
  2. Penggunaan memori yang besar, pemrograman java membutuhkan memori yang lebih besar dibanding bahasa pemrograman lainnya.

Contoh kode program sederhana dalam Java

// Outputs "Hello, world!" and then exits
public class HelloWorld {
   public static void main(String args[]) {
       System.out.println("Hello, world!");
   }
}

One thought on “Belajar Pemrograman: Mengenal Pemrograman Java

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *