Ngrok? apa sih ngrok itu?

Halo , kali ini saya akan sedikit menjelaskan sebenernya “ngrok” itu apa sih? terdengar aneh bukan?

Ngrok adalah aplikasi lintas platform yang memungkinkan seseorang dapat mengakses server lokal ke Internet. Dengan kata lain aplikasi ini bisa membuat web server lokal kalian tampak seperti dihosting di subdomain ngrok.com. Yang berarti kalian tidak perlu memberikan IP Public ketika ingin orang lain ingin melihat project lokal kalian.

Ngrok dapat membypass NAT Mapping dan pembatasan firewall dengan membuat tunnel TCP dari subdomain yang dibuat secara acak di ngrok.com (contoh: 1cc3dcb57548.ngrok.com) ke mesin lokal.

Setelah menentukan port yang disetting pada server web kalian, ngrok akan memulai mengkoneksi ke server ngrok dan kemudian siapa pun dapat membuat atau mengakses permintaan ke server lokal kalian dengan alamat terowongan ngrok yang unik.

source : https://github.com/inconshreveable/ngrok

Ngrok sendiri memiliki server sendiri di berbagai negara seperti : AS (Ohio), Eropa (Frankfurt), Asia (Singapura), dan Australia (Sydney).
dan kalian juga bisa membuat server ngrok private kalian jika kalian mempunyai VPS sendiri

Ngrok juga dapat membuat endpoint HTTP dan HTTPS, sehingga sangat berguna untuk kalian yang sedang mempunyai project dengan layanan pihak ketiga atau API yang memerlukan domain SSL / TLS yang valid.

Salah satu fitur ngrok yang keren adalah kemampuannya untuk melacak dan memutar ulang permintaan HTTP melalui konsol web ngrok. Fungsionalitas replay sangat berguna saat menguji panggilan API atau webhook karena kalian dapat dengan mudah memeriksa semua konten header dan permintaan data / respons di satu tempat melalui konsol.

Baca juga:   Setup Your Own NGROK!

Mungkin cukup sekian dari saya mengenai pengenalan NGROK, diartikel selanjutnya saya akan memberi tutorial bagaimana menginstall ngrok dan pengimplementasian ngrok dibidang cybersecurity khususnya ketika kalian melakukan pentesting pada sebuah platform / aplikasi tertentu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply