Rekomendasi browser extensions untuk kalian para OSINT Researcher

Kali ini kita kembali lagi nyindir nyindir masalah OSINT , untuk kalian yang baru mencoba belajar mengenai OSINT, browser extensions ini pastinya bisa mempermudah kalian dalam online tracking, log in to SSH devices, serta mencari clue dalam investigasi osint kalian. Untuk kalian yang belum paham apasih “osint” itu? bisa baca artikel sebelumnya disini.

What is browser extension?

Browser extension atau nama lainya ADD-On adalah program tambahan yang bisa kalian install di dalam browser kalian. Jadi konsep kerjanya disini programnya yang dijalankan hanya di browsernya saja, tidak bisa menjalankan diluar browser. Walaupun begitu browser ekstension ini bisa melakukan hal luar biasa. Contohnya : mengidentifikasi CMS apa sih yang digunakan pada suatu website tertentu.

What you’ll need for this

Untuk menginstall semua rekomendasi tools disini yang pasti kalian sudah menginstall browsernya terlebih dahulu. Bisa menggunakan Chrome maupun Firefox, jika sudah terinstall di perangkat kalian pastikan browser yang akan diinstal extension ini sudah ter-Update.

Tools

1. JSON Data Formatting

Ekstensi ini membantu Anda memvisualisasikan respons JSON dari situs web apa pun atau permintaan API di browser Anda.

2. Decoy Traffic

Ekstensi ini dibuat untuk membuat lalu lintas jaringan palsu. Sehingga orang yang memonitoring jaringan kalian tidak tau website apa yang sedang kalian akses.

Baca juga:   Self XSS on www.kaskus.co.id

3. Secure Shells

Ekstensi ini dibuat untuk mengakses ssh kalian tanpa harus membuka terminal / aplikasi akses ssh lainya, cukup melalui browser saja.

4. Site Profiling

Jika kalian penasaran ingin tahu tentang teknologi apasih yang dijalankan disuatu situs web, dengan ekstensi ini kalian lebih mudah mengetahui CMS atau teknologi apa yang developer gunakan di website mereka.

  • Install BuiltWith Technology Profiler: Chrome
  • Install BuiltWith Technology Profiler: Firefox
  • Install Wappalyzer : Chrome

5. Exif Data

Ekstensi ini dibuat untuk mempermudah kalian melihat isi metadata dalam sebuah foto yang ada di website. Biasanya didalam foto terdapat, lokasi foto diambil , jenis kamera dll tanpa harus menganalisa menggunakan tools yang menggunakan terminal atau semacamnya.

6. Device Spoofing

Ekstensi ini dibuat untuk menyamarkan perangkat / web browser anda ketika mengakses suatu website. jadi pemilik website tidak bisa mengetahui perangkat apa yang sebenarnya kalian pakai.

7. Internet History

Ekstensi ini sangat luar biasa menurut saya , karena dengan tools ini kalian bisa mengakses sebuah website yang sudah mati atau bahkan domainya sudah di take-over oleh orang lain. Kurang lebih seperti mesin waktunya internet untuk kembali kemasa lampau.

Baca juga:   Mengenal Bahaya SIM SWAP ATTACK

8.Privacy

Tools ini digunakan untuk memblokir iklan iklan yang sangat mengganggu, disamping itu biasanya para hacker menggunakan iklan palsu untuk mentracking keberadaan lokasi anda.

Note : jangan disalahgunakan tools diatas ya , jika terjadi sesuatu itu diluar tanggung jawab kami.

Source :
https://medium.com/@NullByteWht/top-10-browser-extensions-for-hackers-osint-researchers-fca19b469158
https://www.computerweekly.com/photostory/2240160102/Nine-must-have-OSINT-tools/1/Nine-OSINT-tools-every-security-researcher-must-have
https://securitytrails.com/blog/what-is-osint-how-can-i-make-use-of-it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *